propolis-trigona
Masalah propolis lebah trigona jagonya. Produksi propolis lebah anggota famili Meliponidae itu meraih 80%. Itu 5 kali produksi propolis lebah spesialis madu seperti Apis cerana serta A. mellifera yang cuma seputar 15%. Dalam satu koloni, produksi propolis trigona bisa meraih 3 kg per th. ; lebah genus Apis sekitar 20—30 gr per th.. Produksi propolis trigona melimpah lantaran insting alami.

Maklum, trigona tak bersengat, tak seperti lebah dalam genus Apis. Jadi kita tak perlu takut walau trigona hinggap di tangan atau kepala. Trigona yang tanpa ada sengat itu berusaha membuat perlindungan koloni dengan usaha yang lebih keras, yaitu menghasilkan propolis dalam jumlah besar. Karena, ia tidak memiliki alat atau senjata kuat untuk mengatur predator, penyakit,

“Propolis sisi mekanisme pertahanan Trigona, ” kata Prof Dr Ir HA Mappatoba Sila MSc, pakar trigona dari Fakultas Kehutanan Kampus Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, itu. Walau tak mempunyai sengat, lebah trigona dengan kata lain lebah lilin memiliki mandibula untuk menggigit. Bekas gigitannya terlihat seperti “gigitan” nyamuk, namun tak beresiko. Sayang, peternak tidak sering membudidayakan lebah mini itu.

Sarang unik Madu Trigona

Arsitektur serta bahan bikin sarang pada lebah trigona sangatlah unik. Terkecuali hidup di batang pohon serta celah-celah batu, lebah yang waktu larva dewasanya memintal kokon itu dapatlah bersarang di kayu, tanah bahkan juga daun pintu yang terbuat dari kayu berlapis dua. Apabila dilihat cermat sarangnya terbagi dalam batumen atau kombinasi cerumen, propolis, lumpur atau kapur dan kotoran hewan atau serat tumbuhan.

Pintu masuk sarang ada yang kecil hingga cukup dilalui seekor trigona, namun ada pula yang semakin besar. Yang pasti, seputar pintu masuk dilapis kombinasi lumpur, tetesan resin serta propolis hingga mirip bingkai. Spesies Trigona spesifik mendekorasi sarangnya dengan cerobong pipa dari cerumen atau resin untuk aliran udaranya, namun waktu malam hari ditutup lagi.

Interior dalam sarang lebah trigona tambah lebih rumit apabila dibanding grup Apis. Sel untuk anakan atau brood dengan sel penyimpanan madu serta pollen dengan kata lain pot tidak sama bentuk, ukuran, serta letak. Sel anakan lebih kecil, pada sel pekerja serta jantan sama juga ukuran serta memiliki bentuk, sel ratu ukurannya sedikit semakin besar. Sisiran sel untuk anakan tersusun horizontal

Bahan untuk bangun sel pekerja digabung resin tumbuhan Dalam sarang trigona terdapat banyak tumpukan atau lembaran lilin— dimaksud involucrum, propolis, kotoran, serta sampah sarang dan plat batumen.

Ketajaman penciuman bau lebah memegang fungsi utama dalam pertahanan. Dalam sarang, lebah yang tergantung pada sumber pakan nektar dari tumbuhan berbunga itu terus-menerus memindahkan makanan dari satu lebah ke lebah lain dengan cara berantai. Nektar dari lebah lapangan diberikan pada lebah rumahtangga serta diteruskan pada lebah lain, pada akhirnya disimpan dalam sel.

Hasil nektar yang didapat bakal dikonsumsi berbarengan. Susunan lilin yang terbentuk lalu biasanya sangatlah keras, tak gampang hancur. Ketika cerumen terbentuk, jadi involucrum pada koloni juga mulai dibuat. Jumlah trigona dalam koloni yang telah stabil sungguh mengagumkan banyak. Menurut Mappatoba, jumlah individu tiap-tiap koloni lebah trigona meraih 100. 000 ekor. Sedang koloni baru beranggotakan seputar 10. 000 ekor. “Pada tiap-tiap kelahiran lebah Trigona rata-rata dihasilkan 10% calon ratu.

" Mereka jadi ratu sebenarnya sesudah berkopulasi, ” ungkap Mappatoba.
Perihal kwalitas propolis, menurut Gregori Garnadi Hambali, pakar biologi alumnus Birmingham University, Inggris, propolis berkualitas dari trigona didapat apabila sang lebah mengambil resi dari pucuk serta batang tumbuhan yang umum dipakai juga sebagai obat. Sebagian tumbuhan itu salah satunya rasamala Altingia excelsa serta kemenyan Styrax sp.

Ir Bambang Soekartiko, yang memiliki Bina Apiari, menuturkan kwalitas propolis tergantung dari sumber tanaman serta sistem pembuatan. Tanaman sumber propolis di negara subtropik seperti Bulgaria, Korea, serta Rusia yaitu pohon poplar Populus sp. Brasil memiliki Bacharis dracunculifolia serta Dalbergia sp semasing juga sebagai sumber propolis hijau serta merah yang memiliki bioflavonoid tinggi. Brasil sohor juga sebagai negara paling utama produsen propolis didunia.
Nah warna propolis bermacam, walau biasanya cokelat gelap. Tetapi terkadang diketemukan juga propolis berwarna hijau, merah, hitam, bahkan juga putih bergantung dari sumber resin. Tetapi lantaran warnanya yang condong gelap tersebut banyak peternak lebah berasumsi propolis juga sebagai kotoran.

Terlebih beberapa peternak juga belum tahu manfaat propolis. Oleh karenanya mereka malah buang propolis lebah trigona dari sarang lantaran berasumsi kotor.