Asiknya Beternak Lebah Madu Trigona

ternak-lebah-madu-trigona
Asiknya beternak lebah madu trigona, dengan hanya mengumpulkan koloni di potongan bambu, batok kelapa  atau sepotong balok kayu sebagai sarangnya, koloni lebah trigona akan tetap bertahan dan selalu bisa dipanen setiap saat.

Berbeda dengan beternak madu melifera atau cerana, madu trigona tidak melulu membutuhkan ratu sehingga koloninya dengan mudah bisa  dipecah-pecah dan dibuat banyak. Karena sebab ketiadaan ratu dalam trigona bisa diganti pejantan yang mampu memainkan peran sebagai Ratu pula dan serta menghasilkan telur infertile, dan telur infertile tersebut dapat menjadi Ratu baru bagi koloni mereka.

Mirip bertani, beternak trigona sama asyiknya dengan bertanam pohon-pohonan yang bisa dicangkok dan di budidayakan terus menerus.

ternak-lebah-madu-trigona
Dari segi makanan lebah, lebah trigona terbilang spesies lebah yang gak susah dicarikan makanan. Berbeda degan Apis Melifera, Apis Dorsata dan Apis Cerana, lebah trigona memakan semua jenis bunga dan tanaman. Bahkan menurut salah satu peneliti Trigona Lombok, Mas Edy Echot, mereka sampai makan bunga-bunga yang tumbuh di rerumputan.

Jadinya memelihara trigona ini sangat mudah, tidak perlu harus mencari lahan supaya banyak pakan tersedia, asal ada tumbuhan, apalagi bunga-bunga taman di rumah cukuplah sebagai makanannya.

Jika anda ingin mencoba Asyiknya Beternak Lebah Madu Trigona, anda bisa beli stub lebah trigona yang sudah jadi, harganya berkisar antara 150 hingga 300 ribu tergantung lama koloni. Untuk berkonsultasi dengan kami silakan kontak via email : trigonalombok@gmail.com